Penyakit Telinga dan Penyebabnya

Penyakit Telinga dan PenyebabnyaPenyakit telinga atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan penyakit tinitus merupakan sensasi suara pendengaran seperti dengung atau denging tanpa adanya input dari lingkungan sekitar. Sering disertai dengan gangguan pendengaran konduktif atau sensorineural. Deskripsi jenis timbitus (berdenging atau berdengung) hanya sedikit bermanfaat dalam menentukan penyebabnya. Penyebab tersering berasal dari penyakit telinga dalam seperti peyakit meniere, trauma suara, obat-obat ototoksik dn otosklerosis.

 Penyakit Telinga dan Penyebabnya

Penyakit Telinga dan Penyebabnya

Penyakit Telinga dan Penyebabnya Serangan bagian dalam telinga bisa terjadi akibat penyakit lain seperti influenza maupun demam. Pada penderita influenza akut kadangkala menyebabkan pembengkakan pada saluran hidung, tenggorokan, dan tabung eustachius atau lubang hidung bagian belakang.

Kadangkala pasien dapat menggambarkan tinitus berdenyut. Tinitus jenis ini berdenyut pada waktu yang bersamaan dengan detak janung dan dapat merupakan gejala dari tumor di kepala atau leher. Otore atau sekresi telinga, umumya menunjukkan infeksi akut atau kronis.

Penyakit Telinga dan Penyebabnya pada pengeluaran cairan yang mengandung darah mungkin berkaitan dengan karsinoma atau trauma. Cairan yang jernih dan encer mungkin berkaitan dengan bocornya cairan serebrospinal. Penting untuk menentukan lamanya pasien sudah mengeluarkan cairan;warnanya, baunya;dan hubungannya dengan gatal, nyeri atau trauma.

Otalgia atau nyeri telinga, mungkin berkaitan dengan peraadangan di dalam atau di sekitar telinga atau mungkin merupakan nyeri alih dari tempat anatomik yang letaknya berjauhan di kepala dan leher. Otitis eksterna dan otitis media, berturut-turut adalah infeksi telinga luar dan telinga tengah dan paling sering menjadi penyebab nyeri setempat. Nyeri yang beradal dari gigi, faring atau vertebra servikal biasanya dialihkan ke telinga.

Penyakit Telinga dan Penyebabnya peradangan, trauma atau neoplasma di mana saja sepanjang perjalanan saraf kranialis trigeminu, fasialis, glososfaringeus dan vagus atau saraf servikal C2 atau C3 mungkin menjadi penyebab nyeri alih pada telinga ipsilateral.

Penyakit telinga harus segera disembuhkan karena apabila cairan yang keluar dari telinga dan berbau busuk dibiarkan saja maka orang tersebut akan dikucilkan oleh orang disekitarnya. Dapat menimbulkan hilangnya rasa percaya diri. Penyebab penyakit telinga ini diantaranya adalah : infeksi, kemasukan benda atau cairan dalam waktu yang lama.

Gejala  dari penyakit telinga mengeluarkan cairan berwarna putih seperti nanah yang berbau busuk, pendengaran berkurang. Sakit telinga, disebabkan adanya tekanan dari cairan yang terkumpul di dalam telinga tengah pada gendang telinga

  • Demam tinggi, kadang disertai diare
  • Selera makan turun atau hilang, karena telinganya sakit pada saat mengunyah dan menelan
  • Keluarnya cairan dari lubang telinga yang menandai robeknya gendang telinga akibat tekanan cairan
  • Peradangan umumnya juga disertai dengan demam, mual-mual, muntah, dan sakit kepala

Cara mencegah penyakit telinga dan penyebabnya adalah dengan melakukan pembersihan telinga dengan cara yang benar :

  1. Jangan membersihkan telinga sampai ke liang telinga, Apalagi Anda menggunakan cotton bud. Caranya adalah cukup membersihkan sampai batas daun telinga saja. Jika Anda membersihkannya terlalu dalam maka kotoran malah terdorong masuk ke dalam dan akan mengalami penumpukan.
  2. Jika telinga Anda terasa gatal, maka berikanlah cairan yang khusus untuk membersihkan telinga. Anda bisa membelinya di apotek. Cairan ini akan emngeras dan kemudian akan membantu mengeluarkan kotoran dengan sendirinya.
  3. Jika Anda mengalami kesulitan dalam mencari pembersih telinga khsusu, maka Anda bisa menggunkan kapas yang sudah dicelup terlebih dahulu ke dalam air hangat setelah itu diperas dan bentuklah menyerupai kerucut, dan setelah itu bersihkan bagian telinga yang terasa gatal.
  4. Jika kotoran mengeras pada bagian dalam, maka bisa dibersihkan dengan menggunakan cotton bud yang salah satu ujungnya berbentuk kail. Namun, jangan menggunakan alat yang bahannya terbuat dari bahan dasar logam.
  5. Jangan membersihkan telinga Anda dengan frekuensi yang sering. Hal ini menyebabkan telinga menjadi sering merangsang, dan kelenjar minyak yang bisa mencegah terjadi masuknya kotoran dari luar, yang letaknya berada di sepertiga bagian luar telinga yang berbulu, malah akan mengeluarkan minyak dengan berlebihan.
  6. Jika Anda mengetahui ada kotoran yang sudah mengeras pada dekat gendang telinga, maka harus segera diperiksakan dan konsultasikan ke dokter THT. Dan biasanya dokter akan memberikan obat tetes telinga berupa karbol gliserin 10% untuk membantu memecahkan kotoran tadi. Kotoran yang sudah disemprot tadi kemudian akan dikorek keluar.

Anda perlu melakukan pembersihan yang teratur dengan mengunjungi dokter THT. Dengan cara seperti ini maka dokter THT biasanya akan membersihkan telinga Anda menggunakan alat khusus untuk membantu membersihkan telinga dan memeriksakan kondisi telinga Anda. Dengan cara menjaga kebersihan telinga Anda dirumah, mandi dengan rajin dan jangan terlalu sering menggunakan earphone yang kotor akibat debu juga bisa dihindari dan merupakan salah satu cara mencegah infeksi penyakit telinga.

 Penyakit Telinga dan Penyebabnya


=====================================

>>> THM – Obat Tetes Telinga Alami Untuk Membantu Membersihkan Telinga, Mengembalikan Fungsi Telinga dan Pendengaran, Mengobati Berbagai Gangguan Sakit Telinga, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Telinga and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>