Penyakit Telinga Manusia

Penyakit Telinga Manusia – Gangguan pendengaran pada telinga akibat bising (Noise induced hearing loss) di tempat kerja merupakan salah satu penyakit akibat kerja yang sering dikeluhkan. Kelainan ini dapat menurunkan kualitas dan produktivitas pekerja.

Secara umum penurunan fungsi pendengaran dapat terjadi karena gangguan, baik pada telinga luar, telinga tengah maupun telinga dalam. Kelainan pada telinga luar dan tengah umumnya karena proses peradangan dan kotoran telinga (serumen), sedangkan gangguan pendengaran akibat kelainan telinga dalam dapat disebabkan oleh faktor suara bising yang terus menerus seperti di lingkungan kerja atau tempat rekreasi.

Penyakit Telinga Manusia

Penyakit Telinga Manusia

Gangguan pendengaran akibat bising terjadi secara bertahap, tanpa disertai nyeri, mungkin awalnya tidak disadari meskipun kadang-kadang disertai telinga berdenging. Seseorang yang mengalami Penyakit Telinga Manusia ini akan mengeluhkan sulit memahami pembicaraan dengan jelas, terutama di tempat ramai.

Bila seseorang terpapar bising, awalnya pekerja akan mengalami penurunan fungsi pendengaran sementara yang masih dapat kembali membaik apabila keluar dari lingkungan yang bising tersebut. Namun apabila tetap berada pada lingkungan bising dalam waktu lama akan menyebabkan gangguan pendengaran sensorineural permanen akibat dari kerusakan sel-sel reseptor bunyi (sel rambut) di organ korti yang berada di telinga dalam. Sehingga pasien akan merasakan kurang pendengaran dan sering disertai telinga berdenging (tinitus).

Pekerja industri yang menggunakan mesin yang menimbulkan bising lebih dari 85 decibel (dB) selama 8 jam atau lebih per hari dalam proses kerja merupakan kelompok yang paling berisiko mengalami Penyakit Telinga Manusia.

Mekanisme terjadinya penurunan pendengaran, apabila telinga terpapar bising yang berlebihan sehingga terjadi over stimulasi terhadap sel-sel reseptor (sel rambut) di telinga yang akan menyebabkan produksi radikal bebas dalam jumlah sangat banyak. Hal ini akan menyebabkan kerusakan dan kematian reseptor bunyi. Kerusakan dan kematian sel ini lah yang akan menimbulkan gangguan fungsi pendengaran dan sering disertai gejala telinga berdenging. “Gangguan paling sering adalah sensorineural (sering juga disebut tuli saraf) dan telinga berdenging akibat pekerjaan. Gangguan pendengaran berupa tuli sensorineural yang bersifat permanen, membutuhkan rehabilitasi menggunakan alat bantu pendengaran.

Untuk pencegahan Penyakit Telinga Manusia agar tidak mengalami gangguan akibat kebisingan adalah pekerja disarankan untuk membekali diri dengan alat pelindung diri berupa penutup telinga (earmuff) atau sumbat telinga (earplug) secara benar apabila berada di tempat bising. Alat pelindung ini dapat mengurangi paparan bising sampai dengan 40 dB.

Penyakit telinga manusia bisa dibagi menjadi beberapa jenis, tergantung dari lokasi terserangnya:

  1. Infeksi yang terjadi pada saluran telinga bagian luar
  2. Infeksi yang terjadi akut dibagian telinga bagian tengah
  3. Peradangan yang muncul di bagian dalam atau labyrinithis akibat dari infeksi viral
  4. Hilangnya keseimbangan dari tekanan udara dibagian tengah dan juga luar telinga, dan biasanya akan terjadi disaat seseorang sedang mengalami demam atau juga akibat hidung yang tersumbat
  5. Penyumbatan yang terjadi akibat kotoran telinga.

Semua jenis penyakit infeksi telinga manusia ini bisa dihilangkan dengan menggunakan obat aspirin yang cair atau juga menggunakan obat parasetamol dengan kadar dosis yang sesuai dengan resep dokter. Dan selain itu juga, dengan cara meletakkan botol yang hangat pada telinga bisa membantu untuk meredakan dan mengurangi rasa sakit.

Dibawah ini ada obat yang bisa membantu untuk mengatasi masalah infeksi pada telinga adalah :

  1. Hidrogen perioksida
    Anda bisa bebas membelinya di apotek. Dan Anda bisa menanyakan kepada apoteker, berapakah dosis yang aman untuk mengobati sakit telinga ini. Beberapa tetes penggunaan obat ini bisa membantu untuk meredakan rasa sakit.
  2. Minyak wijen, dan jus mangga. Jus mangga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan sakit telinga. Pengguunaan dari jus mangga beberapa tetes bisa membantu meredakan sakit telinga.
  3. Salah satu gangguan infeksi telinga bisa terjadi akibat kemasukan air disaat sedang mandi. Hal ini akan menimbulkan rasa sakit dan menyebabkan telinga mengalami sumbatan. Cara mengatasinya adalah dengan meneteskan beberapa tetes air ke dalam telinga, dan setelah itu dibiarkam selama kurang lebih beberapa detik dengan cara kepala yang dimiringkan terlebih dahulu agar air tetap di dalam telinga. Jika mulai terasa hangat, maka keluarkan dengan cara memiringkannya dengan arah kepala yang berlawanan. Dan cara ini biasanya merupakan suatu cara yang efektif untuk membantu mengeluarkan sumbatan air.

Kandungan minyak yang ada di dalam bawang putih juga bisa membantu untuk menghalau bakteri. Kandungan atsiri yang ada di dalamnya juga bisa membantu penghambatan pada bakteri dan juga penyakit, salah satunya adalah penyakit radang telinga. Dan pada dasarnya, penyakit yang disebabkan karena infeksi luar bisa disembuhkan dengan menggunakan bawang putih.

Itulah beberapa informasi seputar sakit telinga pada manusia dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Penyakit Telinga Manusia


=====================================

>>> THM – Obat Tetes Telinga Alami Untuk Membantu Membersihkan Telinga, Mengembalikan Fungsi Telinga dan Pendengaran, Mengobati Berbagai Gangguan Sakit Telinga, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Telinga and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>