Penyakit Telinga Pada Anak dan Pencegahannya

Penyakit Telinga Pada Anak dan PencegahannyaInfeksi telinga tengah adalah salah satu penyakit yang kerap menyerang anak. Sekitar 3 dari 4 anak pernah mengalami sedikitnya 1 kali infeksi telinga sebelum usia 3 tahun (risiko tertinggi usia 6–18 bulan). Meski infeksi ini membuat Anda cemas dan anak tak nyaman, umumnya akan sembuh sendiri dalam beberapa hari. Setelah memasuki usia sekolah, anak tidak akan mengalaminya lagi.

Biasanya, infeksi telinga berawal dari infeksi virus seperti selesma/flu. Rongga telinga tengah meradang dan terjadilah penumpukan cairan di balik gendang telinga. Infeksi telinga bisa menyebabkan gangguan fungsi atau pembengkakan dalam saluran Eustachius (saluran sempit yang menghubungkan telinga tengah dengan hidung). Pada anak, saluran ini lebih sempit dan pendek, sehingga cairan mudah terperangkap di telinga tengah. Faktor pemicu lainnya adalah infeksi di daerah tenggorokan (umumnya infeksi virus) yang menyebabkan tersumbatnya saluran; infeksinya bisa menjalar ke saluran Eustachius. Posisi tiduran saat menyusu dari botol bisa pula meningkatkan risiko terkena infeksi.

 Penyakit Telinga Pada Anak dan Pencegahannya

Penyakit Telinga Pada Anak dan Pencegahannya

Penyakit Telinga Pada Anak dan Pencegahannya :

• Segera bawa bayi ke dokter untuk diberi obat yang tepat.
• Hindari mengorek-korek bagian dalam telinga bayi karena bisa mendorong kotoran masuk ke dalam, dan memperparah infeksi. Bila ingin membersihkan telinganya, cukup bagian luarnya saja.

Cara mencegah infeksi yang menyebabkan penyakit telinga tengah pada anak dengan cara :

• Jaga kesehatan bayi agar tidak terkena radang tenggorokan
• Setiap 6 bulan sekali, periksakan bayi ke dokter THT untuk mengecek kesehatan telinganya, untuk menghindari gangguan pendengaran.
Biasanya infeksi telinga tengah pada bayi berlangsung lebih dari satu minggu. Ibu perlu waspada bila keluar cairan dari telinga yang menandakan gendang telinga sudah mengalami kebocoran. Segera bawa bayi Anda ke dokter.

Salah satu indikasi awal terjadinya infeksi telinga pada anak. Terlebih jika anak setelah mengalami batuk pilek. Infeksi telinga bukan kejadian yang langka menyerang balita atau anak-anak. Beberapa kemungkinan penyebabnya adalah cara membersihkan telinga yang salah atau bisa juga karena penyebab lainnya.

Menurut Dokter Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT), infeksi telinga dapat terjadi pada telinga luar, tengah dan dalam. Kebanyakan infeksi telinga terjadi pada telinga luar atau tengah dan jarang pada telinga dalam. Penyakit infeksi telinga tengah atau disebut juga dengan Otitis Media (OM) merupakan salah satu penyakit umum yang terjadi pada anak usia di bawah lima tahun. “Bahkan dua dari tiga anak diyakini pernah menderita infeksi telinga tengah, setidaknya satu kali serangan sebelum usia tiga tahun.

Gangguan telinga paling sering dijumpai dengan gejala-gejala yang umum berupa rasa nyeri, gatal, keluar cairan, rasa ada tekanan dalam telinga, rasa panas atau kombinasi dan gejala-gejala tersebut.

Secara umum gangguan penyakit telinga dapat terjadi pada:

• Penyakit didalam telinga.
• Penyakit diluar telinga, misalnya penyakit atau kelainan pada daerah lidah, rahang bawah, orofaring, tonsil, atau sinus paranasalis.
Keadaan ini perlu diagnosa yang akurat sehingga memerlukan penanganan dokter.
Pada umumnya gangguan telinga yang dapat diatasi dengan pengobatan sendiri adalah gangguan telinga luar berupa penumpukan serumen dan kemasukan benda asing.

Cara membersihkan telinga yang baik untuk mengobati Penyakit Telinga Pada Anak dan Pencegahannya :

• Dengan menggunakan cotton bud (lidi berkapas) yang dicelup ke dalam cairan perhidrol (H202 3%) atau fenolgliserin.

• Penyakit Telinga Pada Anak dan Pencegahannya dengan membersihkan penumpukan serumen dapat juga dengan meneteskan terlebih dahulu cairan perhidrol (H202 3%) atau fenolgliserin ke dalam liang telinga, tunggu beberapa saat kemudian dibersihkan dengan alat pembersih telinga yang ujungnya lunak.
Untuk pemilihan obat telinga yang tepat sesuai kebutuhan dan keluhan anda ada baiknya anda harus periksakan diri dan konsultasi ke dokter THT.

Infeksi pada telinga anak juga bisa disebabkan karena sakit tenggorokan atau juga bisa juga diawali dengan gangguan infeksi saluran napas bagian atas, seperti sakit tenggorokan dan juga penyakit flu. Kemudian rongga telinga yang mengalam peradangan ini akan mengalami penumpukan cairan yang terjadi dibalik gendang telinganya.

Cara mengatasinya adalah dengan cara :

  1. Segeralah membawa bayi Anda ke dokter, untuk mendapatk obat yang tepat
  2. Jangan mengorek-ngorek bagian dalma telinga bayi karena bisa mendorong kotoran tadi masuk kedalam telinga dan malah akan membuat kondisi telinga menjadi lebih parah infeksinya. Jika Anda ingin membersikan telinganya, maka cukup dibagian luarnya saja.

Perawatan pada infeksi telinga pada bayi adalah :

  1. Memberikan mereka parasetamol namun yang sesuai dengan resep dokter untuk membantu menurunkan demam mereka dan untuk membantu menghilangkan rasa sakit yang muncul.
  2. Saat Anda sedang memandikan bayi, maka hindarilah masuknya air ke dalam telinga
  3. Mengompres telinga bayi dengan menggunakan handuk yang hangat.

 Penyakit Telinga Pada Anak dan Pencegahannya

Cara Pemesanan Obat sakit Telinga Alami
Mengatasi Berbagai Gangguan Sakit Telinga dan Membantu Menormalkan Pendengaran

Obat Penyakit Telinga

Obat Sakit Telinga THM 3 botol @ 12ml = Harga Rp.115.000/3 botol

Cara Pemesanan Obat Sakit Telinga: SMS ke 0818-0773-0772, tuliskan : Pesan Obat Tetes Telinga THM, Jumlah Botol (Minimal order 3 botol), Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap (Untuk Menentukan Ongkos Kirim)


=====================================

>>> THM – Obat Tetes Telinga Alami Untuk Membantu Membersihkan Telinga, Mengembalikan Fungsi Telinga dan Pendengaran, Mengobati Berbagai Gangguan Sakit Telinga, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Telinga and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.